COSINA

COSINA Game Blog | Created By Www.BestTheme.Net

  • RSS
  • Delicious
  • Facebook
  • Twitter

Popular Posts

Hello world!
Righteous Kill
Quisque sed felis

About Me

Popular Posts

My Great Web page

waktu

followers

my playlist

Righteous Kill

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Quisque sed felis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Etiam augue pede, molestie eget.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Hellgate is back

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit ...

Post with links

This is the web2feel wordpress theme demo site. You have come here from our home page. Explore the Theme preview and inorder to RETURN to the web2feel home page CLICK ...

MAKALAH
Ilmu Sosial Budaya Dasar
Pengaruh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Terhadap Kehidupan Manusia
Disusun oleh:
Ayu Septyani (06091009006)
Pendidikan Biologi
Dosen Pengasuh: Dra. Yulia Djahir
Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
2009/2010
……………………………………….
KATA PENGANTAR
Bismillahirrohmanirohhim,
Allah Maha Suci yang telah mengajarkan sebagian ilmunya dengan hikmah kepada hambanya. Syukur Alhamdulilah pemakalah haturkan kehadirat Allah yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga pemakalah dapat menyelasaikan makalah ini dengan judul  Pengaruh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terhadap Kehidupan Manusia”. Makalah ini ditulis dan disusun sebagai upaya untuk memenuhi tugas makalah Ilmu Sosial Budaya Dasar semester genap tahun pelajaran 2009-2010.
Melalui kesempatan ini pemakalah mengucapkan terima kasih yang sedalam – dalamnya kepada :
  1. Dra. Yulia Djahir selaku dosen pengasuh mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar
  2. Semua pihak yang tidak bisa pemakalah sebutkan satu persatu yang telah memberikan bantuan baik moril maupun materil dalam penulisan.
Pemakalah menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, pemakalah sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun demi penyempurnaan Makalah ini. Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat. Amin.
Indralaya, 2 Juni 2010
Pemakalah
Ayu Septyani
………………………………………………………
Daftar Isi
Kata Pengantar…………………………………………………………………………i
Daftar isi……………………………………………………………………………….ii
Bab I Pendahuluan……………………………………………………………….…….1
1.1.Latar belakang……………………………………………………………… 1
1.2. Rumusan masalah…………………………………………………………………………..  1
1.3. Tujuan…………………………………………………………………………………………… 1
Bab II Tinjauan Pustaka…………………………………………………………………………………… 2
1.1.  Pengertian Ilmu Pengetahuan…………………………………………………………… 2
1.2.  Pengertian Teknologi……………………………………………………………………… 2
Bab III Pembahasan………………………………………………………………………………………… 3
3.1. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi………………………………………………………. 3
3.2. Penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan………………….. 5
3.3. Tanggung Jawab Manusia Terhadap Alam………………………………………….. 6
Bab IV Penutup………………………………………………………………………………………………. 7
4.1.Simpulan………………………………………………………………………………………… 7
4.2.Saran……………………………………………………………………………………………… 7
Daftar Pustaka
………………………………………………..
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Manusia sebagai salah satu makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, kedatangannnya di muka bumi dilengkapi dengan berbagai potensi. Potensi yang paling utama yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya adalah akal, budi, cipta rasa, karsa dan karya. Adanya potensi inilah manusia diangkat menjadi khalifah dimuka bumi ini dengan tugas pokok adalah mengurus, merawat, menjaga, dan lain-lain alam ini. Dengan adanya akal maka manusia bias menggunakan akal mereka untuk berpikir dan menghasilkan pemikiran yaitu ilmu pengetahuan dan teknologi.
Bidang-bidang yang secara dominan memberikan identitas kepada dinamika kreatifitas suat bangsa adalah ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan bisnis.
Dalam setiap kebudayaan selalu terdapat ilmu pengetahuan dan teknologi, yang digunakan sebgai acuan untuk menginterprestasikan dan memahami lingkungan beserta isinya yang digunakan sebagai alat untuk mengeksploitasi, mengelola dan memanfaatkannya untuk pemenuhan kebutuhan hidup manusia.
Dalam konteks ruang, manusia dengan alam saling mempengaruhi. Kualitas hubungan manusia dengan alam sangatlah bervariasi tergantung sejauh mana penguasaan manusia terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Atas dasar penguasaan ini ada beberapa masyarakat yang hidupnya sangat tergantung pada alam lingkungan, ada yang sudah mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya, ada yang mampu mengelola serta memanfaatkannya bagi keseuahteraan hidup mereka.
Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang dan maju dari zaman ke zaman. Pola pemikiran manusia sudah berkembang dengan pesat untuk menciptakan sesuatu yang baru dan mempermudah dalam kehidupan bermasyarakat.
1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka rumusan masalah ini dirumuskan sebagai berikut “bagaimana pengaruh ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap kehidupan manusia?.”
1.3. Tujuan
Tujuan dari makalah ini adalah dapat memahami:
  • Makna dari ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Pengaruh IPTEK terhadap kehidupan manusia
………………………………………………………….
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1. Pengertian Ilmu Pengetahuaan
Dari sudut pandang filsafat ilmu
  • Ilmu adalah pengetahuan yang sudah diklasifikasi, diorganisasi, disistimatisasi, dan diinterprestasi sehingga menghasilkan kebenaran objektif, sudah diuji kebenarannya dan dapat di uji ulang secara ilmiah.
  • Pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui manusia melalui tangkapan panca indra, instuisi, dan firasat.
Secara etimologi
Ilmu berarti kejelasan, karena itu segala yang terbentuk dari akar katanya mempunyai ciri kejelasan.
Ilmu (science) dan pengetahuan (knowledge) mempunyai pengertian yang berbeda. Ilmu adalah pengetahuan yang telah memiliki sistematika tertentu atau memiliki ciri-ciri khas serta merupakan spesies dari genus yang disebut pengetahuan.
2.2. Pengertian Teknologi
  • Teknologi adalah salah satu unsur budaya sebagai hasil penererapan praktis dari ilmu pengetahuan.
  • Teknologi merupakan ilmu tentang teknik.
  • Teknologi adalah aplikasi dari prinsip-prinsip keilmuan sehingga menghasilkan sesuatu yang berarti bagi kehidupan manusia.
……………………………………………………………….
BAB III
PEMBAHASAN
3.1. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Dari sudut pandang filsafat, ilmu lebih khusus dibandingkan dengan pengetahuan. Suatu pengetahuan dapat dikategorikan sebgai ilmu apabila memenuhi tiga unsur pokok, yaitu:
  1. Ontologi
Ontologi merupakan bidang studi yang bersangkutan memiliki objek studi yang jelas. Objek studi harus dapat diidentifikasikan, dapat diberi batsan, dapat diuraikan, sifat-sifatnya yang esensial. Objek studi sebuah ilmu ada dua yaitu objek material dan objek formal.
  1. Efistimologi
Efistimologi merupakan bidang studi yang bersangkutan memiliki metode kerja yang jelas. Ada tiga metode kerja suatu bidang tertentu yaitu metode deduksi, induksi, dan eduksi.
  1. Aksiologi
Aksiologi merupakan bidang yang bersangkutan memiliki nilai guna atau kemanfaatannya. Bidang studi tersebut dapat menunjukkan nilai-nilai teoritis, hukum-hukum, generalisasi, kecenderungan umum, konsep-konsep dan kesimpulan-kesimpulan logis, sistematis, dan koheren. Dalam teori dan konsep tersebut tidak terdapat atau kesemerautan pikiran atau penentangan kontradiktif diantara satu sama lain.
Dalam pemikiran sekuler, ilmu pengetahuan mempunyai tiga karakteristik yaitu:
  1. objektif
  2. netral
  3. bebas nilai
Pada dasarnya teknologi juga karakteristik yaitu:
  1. objektif
  2. netral
(dalam situasi tertentu teknologi tidak netral lagi karena memiliki potensi untuk merusak dan potensi kekuasaan).
Kata ilmu dengn berbagai bentuknya terulang 854 kali al Quran. Kata ini digunakan dalam proses pencapaian pengetahuan dan objek pengetahuan sehingga memperoleh kejelasan. Dalam pemikiran islam ada dua sumber ilmu yaitu wahyu dan akal.
Ilmu mempunyai ciri-ciri dan standar-standar tertentu sebagai hasil konsensus para ilmuan. Ada semacam criteria of demarcation (Kaplan, 1963) antara pengetahuan yang telah berstatus ilmu dengan pengetahuan yang semta-mata hanya akal lumrah (common sense). Kriteria tersebut, yaitu:
  • ilmu memiliki objek formal dan materiil tertentu
  • sistematika isi dan wilayah studi yang disebut disiplin
  • terbuka
  • memiliki metode-metode tertentu.
Goldstein dan goldstein (1980) mengemukakan beberapa pengertian tentang ilmu, yaitu:
  • ilmu diartikan secra sempit, terbatas pada ilmu-ilmu eksakta seperti fisika, kimia, astronomi, dan matematika sebagi alatnya (organon, menurut aristoteles). Ilmu- ilmu ini ditandai oleh generalistik yang luas dan daya prediksi yang akurat. Akan tetapi, jika kriteria hukum generalistas dan kemampuan meramalkan sesuatu secara akuart dijadikan dasar pendefinisian ilmu, maka ilmu-ilmu sosial dan kemnusiaan akan sangat sulit memnuhinya, karena objek yang dihadapinya adalah menusia yang memiliki perasaan, pikiran dan kehendak.
  • Ilmu mengimplikasikan kemampuan untuk melalkukan eksperimen terkendali dalam rangka menguji teori dan hipotesis.
  • Ilmu dipahami berdasarkan dimensi pasifnya yang mengacu pada akumulasi fakta dan informasi sehingga membentuk suatu sistematika.
  • Ilmu dipandang berdasarkan dimensi aktifnya, yang lebih dari hanya akumulasi informasi, fakta, konsep, teori, melainkan sitem berpikir (Liek Wilardjo, 1987).
Ilmu merupakan cara kita memandang dunia, memahaminya dan mengubahnya (Goldstein dan goldstein, 1980). Cara pandang terhadap dunia mengimplikasikan bahwa ilmu merupakan aktivitas kreatif dan imajinatif manusia dalm upaya mencari dan menemukan kebenaran keilmuan. Aktifitas kreatif dan imajinatif ini diabdikan bagi kepentingan dan kesejahteraan umat manusia melalui upaya memajukan kebudayaan dan peradaban.
Teknologi adalah aplikasi dari prinsip-prinsip keilmuan sehingga menghasilkan sesuatu yang berarti bagi kehidupan manusia. Aplikasi prinsip-prinsip ini dapat dalam lapangan teknik maupun sosial. Melalui aplikasi inilah ilmu menemukan arti sosialnya, bukan hanya demi kepuasan intelektual ilmuan semata-mata. Dalam perkembangan kemudian, bukan hanya teknologi yang menggantungkan diri pada penemuan-penemuan sains, melainkan perkembangan sains mengikuti irama perkembangan teknologi.
Dengan memanfaatkan hasil-hasil inovasi teknologi, penelitian sains semakin berkembang cepat dan berbagai perspektif baru antara ilmu pengetahuan dengan teknologi membuat keduanya tidak bisa dipisahkan.
Teknologi dapat membawa dampak positif berupa kemajuan dan kesejahteraan bagi manusia juga sebaliknya dapat membawa dampak negatif berupa ketimpangan-ketimpangan dalam kehidupan manusia dan lingkungannya yang berakibat kehancuran alam semesta. Netralitas teknologi dapat digunakan untuk kemanfaatan sebesar-besarnya bagi kehidupan manusia atau digunakan untuk kehancuran manusia itu sendiri.
3.2. Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Kehidupan
Hal-hal yang bisa dilakukan manusia bagi kehidupan, yaitu
  1. Meningkatkan daya dukung lingkungan
  2. Mengembangkan potensi
  3. Pemanfaatan sumber daya alam menggunakan IPTEK.
  4. Manusia bisa menggunakan IPTEK dalam menciptakan sesuatu.
Penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan, yaitu:
  1. Perekayasaan pertanian untuk meningkatkan daya dukung lingkungan, berupa:
    • Pemupukan (kimia dan organik).
    • Pengelolaan tanah yang lebih baik (mekanik).
    • Pemilihan bibit unggul (hayati).
    • Perbaikan pengairan melalui organisasi dan kelembagaan (sosial).
  2. Daya dukung lingkungan hutan, berupa:
  • Penggunaan mesin-mesin berat untu menebang pohon.
Dampak positif dalam penerapan IPTEK
  1. Meningkatkan daya dukung lingkungan
  2. Meningkatkan kesejahteraan umat manusia
  3. Mempermudah pekerjaan
  4. Pengetahuaan semakin berkembang.
  5. Membuat manusia semakin kreatif dalam menciptakan sesuatu.
Selain itu, ada dampak negatifnya:
  1. Tekanan terhadap lingkungan, berupa:
    • Eksploitasi hutan, sungai, laut dan lain-lain.
  2. Menimbulkan masalah lingkungan, misalnya erosi, pencemaran, dan banjir.
  3. Ketimpangan-ketimpangan dalam kehidupan manusia dan lingkungannya yang berakibat kehancuran alam semesta.
3.3. Tanggung Jawab Manusia Terhadap Alam
Manusia sebagai khalifah adalah untuk bertanggung jawab menjaga keseimbangan alam dan lingkungannya tempat tinggal. Manusia diberikan kebebasan untuk mengeksplorasi, menggali sumber-sumber daya, serta memanfaatkannya dengan sebesar-besar kemanfaatan.
Untuk menggali potensi alam dan memanfaatkannya diperlukan ilmu pengetahuan yang memadai. Hanya orang-orang yang memiliki ilmu pengetahuan  yang cukup  atau para ilmuan yang sanggup mengeksplorasi sumber alam ini.
………………………………………………………………….
BAB IV
PENUTUP
4.1. Kesimpulan
  1. Ilmu (science) dan pengetahuan (knowledge) mempunyai pengertian yang berbeda. Ilmu adalah pengetahuan yang telah memiliki sistematika tertentu atau memiliki ciri-ciri khas serta merupakan spesies dari genusyang disebut pengetahuan.
  2. Teknologi adalah aplikasi dari prinsip-prinsip keilmuan sehingga menghasilkan sesuatu yang berarti bagi kehidupan manusia.
  3. Penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan sanagt baik dan manusia harus mempunyai tanggung jawab terhadap kehidupan.
4.2. Saran
Dengan kita memanfaatkan hasil-hasil inovasi teknologi, penelitian sains semakin berkembang cepat dan berbagai perspektif baru maka kehidupan kita akan lebih maju.
…………………………………………………………….
DAFTAR PUSTAKA
Tim Penyusun. 2009. Ilmu sosial Budaya Dasar. Indralaya: Penerbit Unsri.
Supriadi, Dedi. 1998. Kreatifitas, Kebudayaan, dan Perkembangan IPTEK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

2 Responses so far.

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'Ilmu Pengetahuan dan Teknologi', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2260/1/01-03-007-Kesesuain%5bDetty%5d.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

  2. The Geeks says:

    Thanks ya gan udah sharing, thanks kebetulan sedang ada tugas ni hehe tengkyu bacaanya :)

Leave a Reply