COSINA

COSINA Game Blog | Created By Www.BestTheme.Net

  • RSS
  • Delicious
  • Facebook
  • Twitter

Popular Posts

Hello world!
Righteous Kill
Quisque sed felis

About Me

Popular Posts

My Great Web page

waktu

followers

my playlist

Righteous Kill

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Quisque sed felis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Etiam augue pede, molestie eget.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Hellgate is back

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit ...

Post with links

This is the web2feel wordpress theme demo site. You have come here from our home page. Explore the Theme preview and inorder to RETURN to the web2feel home page CLICK ...

tradisi sejarah

Pengertian Sejarah
Berdasarkan ilmu bahasa, kata sejarah berasal dari kata syajarah (b.arab) yang berarti pohon kehidupan, silsilah atau asal-usul. Kata historia (yunani) yang berarti suatu pengetahuan yang berkaitan dengan gejala-gajala alam yang terjadi pada masa lampau. Namun dalam perkembangannya, perngertian sejarah di batasi hanya menceritakan peristiwa-peristiwa masa lampau tentang aktivitas atau kegiatan manusia yang berhubungan dengan kejadian tertentu.
Sejarah sebagai peristiwa adalah kenyataan atau kejadian yang benar-benar sudah terjadi. peristiwa dalam sejarah memiliki sifat unik artinya hanya sekali terjadi atau einmatig (b.belanda).

Keguanaan Sejarah
Belajar sejarah memiliki 4 kegunaan, antara lain:
1. Memberi pelajaran (fungsi edukatif) artinya bahwa dengan mempelajari sejarah dari peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi sebelumnya maka dapat di jadikan pelajaran untuk mementukan langkah-langkah pada masa kini dan akan datang.
2. Memberi pengajaran (fungsi instruktif) artinya dengan mempelajari sejarah berarti mendapat pengetahuan atauketerampilan tertentu.
3. Memberi inspiratif artinya bahwa sejarah dapat memberikan inspirasi atau ilham bagi manusia.
4. Memberi kesenangan (fungsi rekreatif) artinya sejarah memberi kepada pembacanya, kesenangan tersebut terletak pada bentuk dan bahasanya yang indah dari cerita sejarah tersebut.

Sumber, bukti dan fakta sejarah
A. Sumber sejarah adalah sesuatu yang dapat membantu baik secara langsung maupun tidak langsung memberikan sejumlah informasi yang berkaitan dengan masa lampau.
Sumber sejarah ada 3 jenis, yaitu:
1. sumber tertulis (prasati, dokumen, kitab)
2. Sumber lisan (wawancara dengan palaku sejarah)
3. Sumber benda (candi, patung, kapak dari batu, fosil,bangunan, mesjid)
B. Bukti sejarah yaitu alat yang di pakai untuk membenarkan atau mendukund bahwa sesuatu peristiwa pernah terjadi pada masa lampau.
contohnya: buku di temukannya fosil pithecantropus erectus menunjukan bahwa di wilayah indonesia pada masa lampau pernah di huni makhluk purba.
C. Fakta sejarah yaitu suatu unsur yang di jabarkan baik secara langsung maupun tidak langsung yang berasal dari dokumen-dokumen sejarah dan telah dapat di percaya setelah melalui pengujian.

a) Tradisi Sejarah Pada Masyarakat Masa Pra-Aksara
Cara masyarakat masa pra-aksara mewariskan masa lalunya ketika tulisan belum di kenal dan di pakai oleh masyarakat purba. Manusia menggunakan perantara bahasa untuk melakukan pewarisan kepada pewarisannya, kepada keturunannya bahasa yang di naksudkan adalah bahasa lisan atau bahasa tutur ketika berkomunikasi dengan orang lain. Melalui bahasa tutur inilah segala pesan gagasan atau ide serta pengalaman hidup manusia dapat di sampaikan dan diingat oleh manusia.
Dalam mewariskan tradisi ini biasanya yang lebih berperan adalah tokoh yang di hormati di wilayah itu, atau dari bapak kepada anakl dan selanjunya. Pesan yang di sampaikan secara lisan tersebut kemudian melahirkan apa yang di sebut dengan dongeng, legenda, mitos dan folklor. Disamping dilkukan melalui gambar-gambar seperti gambar cap tangan yang terdapat pada goa-goa.

Jenis-jenis Tradisi Masa Pra-Aksara
1. Folklor
Folklor berasal dari b.inggris folklore yang terdiri dari kata folk artinya rakyat dan lore artinya tradisi. Dengan kata lain folklor adalah tradisi rakyat, di Indonesia yang termasuk folklor adalah dongeng, cerita rakyat/pribahasa,.Folklor biasanya tidak diketahui siapa penciptanya /disebut juga anonim.
Pada umumnya folklor mempunyai ciri-ciri:
1. Proses pewarisan di lakukan melalui bahasa tutur atau lisan
2. Bersifat turun temurun
3. sebagai pembuka cerita biasanya menggunakan istilah konon disebuah daerah/kerajaan atau menurut yang empunya cerita
4. Bersifat polos dan lugu
5. Bersifat tidak masuk akal (tidak logis)
2. Mitos
Mitos adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi dan dianggap suci. Tokoh dari cerita adalah tentang dewa-dewa atau mahluk stengah dewa, contohnya adalah mitos dewa zeus dalam mitologi yunani, atau cerita ratu adil sang pemimpin yang arif dan bijaksana.
3. Legenda
Legenda berasal dari bahsa latin yang artinya sesuatu yang harus dibaca. Legenda adalah cerita rakyat yang di yakini oleh masyarakat tertentu, tetapi kebenarannya di sangsikan. Legenda memiliki ciri tetapi tidak di anggap suci, contohnya legenda nyai loro kidul penguasa pantai selatan di diy, malinkundang di sumatera barat, terjadinya rawa pening di jawa tengah, dan sebagainya.
4. Upacara
Upacara adalah suatu tindakan atau serangkaian tindaqkan yang di lakukan menurut adat kebiasaan atau keagmaan yang memadai kesucian. Suatu peristiwa bentuk upacara yang di lakukan oleh masyarakat indonesia cukup banyak dan berfariasi tergantung dari latar belakang peristiwa dan tujuannya. Ada upacara kematian, kelahiran, upacara menolak bencana, upacara adat perkwinan, dan sebagainya.

b) Tradisi Sejarah Pada Masyarakat Masa aksara
a. Pendahuluan
Ketika tulisan sudah dikenal oleh masyarakat, maka segala aktivitas penting manusia di abadikan dengan tulisan agar mudah diingat dan sekaligus menjadi pewarisan budaya bagi generasi selanjutnya.
Pada awalnya manusia menuliskan gagasan ide tidak pada media kertas seperti sekarang ini, akan tetapi awalnya dengan menggunakan alat yang terdapat pada lingkungan sekitarnya, yaitu pada batu. Pada perkembangan selanjutnya, orang mulai berpikir dan menemukan alat lain yang dapat di gunakan untuk membuat tulisan misalnya pada daun lontar,kulit binatang, kulit kayu, logam, dan kertas.

b. Tradisi sejarah pada masyarakat masa aksara batas antara jaman Pra sejarah dengan sejarah adalah semenjak di temukannya tulisan. Semenjak di temukannya tulisan, maka pewarisan budaya di lakukan dengan menggunakan tulisan, tulisan ini di gunakan untuk merekam dam mewariskan masa lalu manusia. Pada awalnya bentuk tulisan yang di jumpai di Indonesia dalam bentuk prasasti yaitu pada masa peninggalan kerajaan Hindu-Budha maupun kerajaan islam.
Selain melalui prasasti tradisi sejarah pada masyarakat masa aksara dapat diketahui juga melalui cerita atau naskah babad, hikayat, lagu rakyat/daerah, upacara.
a. Prasasti
Prasati adalah tulisan yang terdapat pada batu. Beberapa yang di temukan di Indonesia antara lain:
1. Prasati yang ditemukan dan di pahatkan pada tiang batu (yupa) dekat Mahakam Kalimantan timur, prasati ini menceritakan tentang raja Mulawarman dari kutai yang telah memberikan sedekah sebanyak 20.000 ekor sapi kepsa para brahmana.
2. Prasati peninggalan kerajaan Tarumanegara, antara lain prasati Ciaruteun yang terletak di pinggir sungai ciaruteun.Isi prasasti adalah empat baris kalimat dalam bentuk puisi, lukisan laba-laba, dan sepanjang tapak kaki manusia. Disamping itu ada prasasti kebon kopi di kampung muara hilir, cibungbulan yang berupa dua tapak kaki gajah yang di anggap sebagai tapak kaki gajah airawata tunggangan dewea wisnu, prasasti tugu di daerah bekasi (jabar) prasasti ini menceritakan adanya penggalian sungai candrabhaga yang di maksudkan untuk mengatasi bahaya banjir di daerah itu.
3. Prasasti peninggalan kerajaan sriwijaya , seperti prasasti kedudukan bukit (682 m) di tepi sungai tatang dekat Palembang yang bercerita tentang perjalanan suci dapunta hyang dengan memakai perahu yang di sertai 2 laksa tentara (20.000 orang). Prasasti tatang tou (684 m) di sebelah barat kota Palembang ini bercerriata tentang pembuatan taman sriksetra atas perintah Punta hyang sri Jayanasa untuk kemakmuran semua makhluk.
b. Naskah atau kitab
Nakah yang di maksud adalah hasil satra yang tertulis. Naskah-naskah yang di temukan tertulis pada daun lontar.
c. Badad
Badad dalam bahasa jawa, atau tambo dalam bahasa minangkabau memiliki arti riwayat. Badad merupakan campuran antara sejrah, mitos, dan kepercayaan. Didalm badad terkandung unsure yang tidak masuk akal misalnya, pararaton yang mengisahkan bahwa ken arok sri rajasa adlah keturunan dewa prahma dari wanita bernama ken endok .
d. Hikayat
Hikayat adalah karya sastra yang bercorak islam hikayat dapat berupa unsur sejarah, bisa cerita rakaan [fiksi] atau gabungan antara keduanya .hikayat biasanya di lakukan dengan cara di tuturkan /di ceritan oleh seorang pengkisah [tukang cerita] secara lisan. Beberapa contoh hikayat yang ada di Indonesia adalah hikayat mukjizat Baginda rasul tatkala bulan di belah dua, hikayat raja ali (yang di telan buaya, tetapi di hidupkan kembali oleh nabi isa as). Hikayat harun ar-rasyid dan hikayat syeikh abdul kadir jailani.
e. Upacara
Upacara-upacara yang ada sifatnya sebagai peringatanya terhadap suatu kejadian. Peringatan ini ada yang berkaitan dengan keagamaan, kelahiran, kematian, dan lain –lain. Menjadi kebiasaan suatu masyarakat yang akhirnya menjadi tradisi. Contoh bentuk upacara antara lain
a) Upacara grebeg
b) Sekaten keraton Yogyakarta
c) Upacara labuhan di Yogyakarta
f. Lagu- lagu daerah
Lagu-lagu di setiap daerah dapat di ketahui dari lagu-lagu yang dimiliki oleh suatu masyarakat (Lagu rakyat) lagu rakyat biasanya berisi rangkaian pesan/nasihat/gambaran suatu kejadian seperti halnya pada cerita rakyat, namun disampaikan dengan cara di nyanyikan atau di lagukan.
g.Cerita rakyat
Cerita rakyat adalah cerita yang berasal dari suatu kelompok masyarakat tertentu yang di sampaikan secara tutur atau lisan maupun dalam bentuk tertulis atau di bukukan.

Leave a Reply